Selasa, 17 Januari 2012

Penyebab jantung bocor pada anak

Mungkin sebuah pertanyaan kadang datang pada seorang dokter menanyakan apa yang menyebabkan jantung anaknya mengalami kebocoran.
Pertanyaan itulah yang kuhadapi pada suatu waktu di hadapan layar monitor notebook-ku. Bahkan sebelum aku menjadi seorang dokter. Hal-hal tersebut merupakan bagian dari Penyakit Jantung Bawaan atau Congenital Heart Diseases. Biasanya ada dua jenis yang paling umum: PDA (Pentensi duktus arteriouses) dan VSD (defek septum ventrikel).
Jika PDA, artikel berikut mungkin dapat menjelaskan:
“Sebelum lahir, ductus arteriosus memungkinkan darah untuk melewati paru-paru bayi dengan menghubungkan arteri paru-paru (yang memasok darah ke paru-paru) dengan aorta (yang memasok darah ke tubuh). Segera setelah bayi lahir dan paru-paru diisi dengan udara, pembuluh darah ini tidak lagi diperlukan. Biasanya akan menutup dalam beberapa hari. Jika duktus arteriosus tidak menutup, akan ada abnormal sirkulasi darah antara jantung dan paru-paru.
PDA jarang. Ini mempengaruhi anak perempuan lebih sering daripada anak laki-laki. Kondisi ini lebih sering terjadi pada bayi prematur dan mereka yang bayi sindrom gangguan pernapasan. Bayi dengan kelainan genetik, seperti sindrom Down, dan yang ibunya campak Jerman (rubella) selama kehamilan berada pada risiko yang lebih tinggi untuk PDA.
PDA umum terjadi pada bayi dengan masalah jantung bawaan, seperti jantung kiri hypoplastic syndrome, transposisi pembuluh darah besar, dan pulmonal stenosis.
Kemudian untuk VSD, artikel berikut mungkin dapat menjelaskan:
“Sebelum bayi lahir, ventrikel jantung kanan dan kiri tidak terpisah. Ketika janin berkembang,terbentuklah sekat-sekat untuk memisahkan kedua ventrikel. Jika dinding tidak sepenuhnya terbentuk, sebuah lubang akan tetap ada. Lubang ini dikenal sebagai cacat septum ventrikel, atau VSD.
Cacat septum ventrikel adalah yang paling umum cacat jantung bawaan. Bayi mungkin tidak menunjukkan gejala, dan akhirnya dapat menutup lubang sebagai dinding terus tumbuh setelah lahir.
Jika lubang besar, terlalu banyak darah akan dipompa ke paru-paru, menyebabkan gagal jantung. Bayi ini sering mengalami gejala yang berkaitan dengan gagal jantung dan mungkin perlu obat untuk mengontrol gejala dan pembedahan untuk menutup lubang. Lubang juga bisa ditutup tanpa operasi, melalui kateterisasi jantung.
Penyebab VSD belum diketahui. Cacat ini sering terjadi bersama dengan cacat jantung bawaan lainnya.
Pada orang dewasa, cacat septum ventrikel adalah komplikasi yang jarang tetapi serius serangan jantung. Lubang ini terkait dengan serangan jantung dan tidak hasil dari cacat lahir.


0 komentar:

Posting Komentar